Selasa, 05 April 2016

PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN


Hakikat Pengembangan Kepribadian

Untuk memahami pengembangan maka perlu dipahami konsep perkembangan, pertumbuhan, kematangan, dan perubahan.
  • Pengembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif, dan kontinu (berkesinambungan) dalam arti individu dari mulai lahir sampai wafat.
  • Sistematis, berarti perubahan dalam pengembangan itu bersifat saling kebergantungan atau saling mempengaruhi antara bagian-bagian organism (fisik dan psikis) yang merupakan satu kesatuan yang harmonis.
  • Progresif, berarti perubahan yang terjadi bersifat maju, meningkat, dan mendalam (meluas) baik secara kuantitatif (fisik) maupun kualitatif (psikis)
  • Berkesinambungan, berarti perubahan pada bagian atau fungsi organism itu berlangsung secara beraturan dan berurutan, tidak terjadi secara kebetulan dan loncat-loncat.
Pengertian – pengertian :
  • Perkembangan adalah proses serangkaian perubahan menuju kearah yang lebih sempurna yang terjadi terus menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah (kualitas kemampuan, sifat, dan ciri baru) yang dimiliki individu ketahap kematangan melalui pertumbuhan dan kematangan.
  • Kematangan merupakan suatu potensi yang dibawa individu sejak lahir, timbul, dan bersatu dengan pembawaannya serta turut mengatur pola perkembangan tingkah laku individu.
  • Perubahan atau change adalah suatu proses perkembanangan individu denga cara yang sama atau tidak sama melalui aktualisasi diri.

Dengan demikian hakikat pengembangan adalah proses atau siklus hidup manusia yang mengarah kepada factor-faktor umum yang mempengaruhi proses perkembangan yang terjadi dalam pribadi diri seseorang dengan menitik beratkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan, pertumbuhan, kematangan, serta perubahan. Bottom of Form

1 komentar: